• TerbaruKu

    Cara Membuat Teks Berjalan di Blog Dengan Mudah - Diagnosa Permasalahan Pada PC dan Cara Mengatasinya - Tutorial Cara Root Dan Pasang TWRP di Andromax A (A16C3H) - ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA INTERNET - CARA MEMASANG JAM DIBLOG - PER TO PER - CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI PLAYSTORE YANG TIDAK BISA DIBUKA - MELAKUKAN SETTING ATAU SETTING ULANG SISTEM PC - langkah-langkah ping pada windows xp/windows 7

    Thursday, January 28, 2016

    ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA INTERNET





    Hasil gambar untuk istilah-istilah dalam dunia internet

    ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA INTERNET


    IP Address

    Internet Protocol Address adalah suatu alamat numerikyang terdapat pada komputer dalam suatu jaringan. Apabila komputer ingin terkoneksi dengan jaringan, maka setiap komputer harus memiliki ip address, dan ip address tersebut tidak boleh sama.


    MAC Address

    Media Access Control Address atau MAC Address adalah alamat unik yang dirancang untuk mengindentifikasikan setiap interface dalam jaringan komputer. Seringa juga disebut Physical Address.
    Sebagai contoh, ketika Anda sedang menikmati WiFi di sekolah, jaringan WiFI sekolah tersebut kemungkinan mencatat MAC Address dan menggunakannya untuk melacak Perangkat Anda agar dapat mencegah Anda dapat mengakses WiFi tersebut dilain waktu. Atau bisa juga Jaringan WiFi tersebut memberikan sebuah IP Statis berdasarkan MAC Address Anda, jadi setiap anda terkoneksi dengan jaringan WiFi tersebut Anda selalu mendapatkan IP yang sama meskipun menggunakan DHCP.


    TCP (Transmission Control Protocol)

    TCP merupakan kependengan dari Transmission Control Protocol. TCP merupakan bagian inti penting dari Internet Protocol sehingga sering disebut TCP/IP. TCP menyediakan komunikasi yang dapat diandalkan dan mempunyai urutan yang rapi. TCP berada pada transport layer.
    TCP dioptimasikan untuk kehandalan komunikasi bukan pada kecepatan. TCP memberikan jaminan mengenai pesan-pesan yang disampaikan dari satu komputer kepada komputer lain. TCP menggunakan mekanisme handshake.
    Untuk aplikasi yang yang mementingkan kecepatan pengiriman data dibandingkan kehandalan data dapat mengunakan UDP. Contoh aplikasi yang lebih mengandalkan kecepatan pengiriman informasi adalah audio streaming atau video streaming.

     FTP ( File Transfer Protocol )

    FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan paswordnya yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi.


    DNS

    Domain Name System adalah bagaimana komputer dapat menerjemahkan nama domain atau host ke alamat ip. Misalnya, pada address bar browser anda tulis pintarkomputer.com, komputer anda langsung menghubungi DNS Server, dan DNS Server akan menjawab dengan alamat ip yang berupa numerik, sehingga komputer Anda dapat terhubung.

    DHCP

    Dynamic Host Configuration Protocol memungkinkan komputer dapat meminta atau diberikan IP Address secara otomatis. Sebagai contoh, pada saat Anda menggunakan perangkat laptop atau smartphone untuk terhubung ke jaringan WiFi, perangkat anda akan secara otomatis meminta IP dari Router dan Router akan memberikannya secara otomatis. Ini terlihat lebih sederhana dari pada menggunakan IP Statik yang harus mengisi ip secara manual.
     
    HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

    HTTP (Hypertext Transfer Protocol) suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Contohnya bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita

    SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
    adalah suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.Untuk menggunakan SMTP bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan SMTP di perlukan settingan :
    i. Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
    ii. Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
    iii. Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
    iv. Account Name : anda@domainanda.com
    v. Password : password yang telah anda buat sebelumnya

     SNMP (Simple Network Management Protocol)

    SNMP adalah sebuah protokol yang dirancang untuk memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memantau dan mengatur jaringan komputernya secara sistematis dari jarak jauh atau dalam satu pusat kontrol saja. Pengolahan ini dijalankan dengan menggumpulkan data dan melakukan penetapan terhadap variabel-variabel dalam elemen jaringan yang dikelola.
    Manajer adalah pelaksana dan manajemen jaringan. Pada kenyataannya manager ini merupakan komputer biasa yang ada pada jaringan yang mengoperaksikan perangkat lunak untuk manajemen jaringan. Manajer ini terdiri atas satu proses atau lebih yang berkomunikasi dengan agen-agennya dan dalam jaringan. Manajer akan mengumpulkan informasi dari agen dari jaringan yang diminta oleh administrator saja bukan semua informasi yang dimiliki agen.


       UDP ( User Datagram Protokol) 


    UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

     POP3 (Post Office Protocol)

    POP3 (Post Office Protocol) POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet

     PPP(Point-to-Point Protocol) 
    Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna. Selain itu, protokol ini juga mendukung banyak protokol-protokol jaringan secara simultan

    VPN(Viritual Private Network)
     
    VPN atau Virtual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara privat melalui jaringan publik (Internet). VPN disebut Virtual network karena menggunakan jaringan publik (Internet) sebagai media perantaranya alias bukan koneksi langsung. Dan disebut Private network
    karena jaringannya bersifat privat, dimana hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik.
     

    www(World Wide Web)

    World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
    WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
    Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).


    NAT

    Network Address Translation atau NAT, digunakan oleh router untuk berbagi suatu alamat ip ke berbagai perangkat. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki sebuah router nirkabel/wireless yang menciptakan jaringan Wifi yang terkoneksi ke perangkat seperti laptop, smartphone, tablet dan lain - lain. ISP Anda hanya memberikan satu alamat IP yang dapat diakses dari mana saja di intenet, ip ini disebut IP Publik.
    Router Anda membuat sebuah LAN dan memberikan sebuah alamat IP lokal ke perangkat Anda. Router kemudian berfungsi sebagai Gateway. Sehingga seolah - olah Anda memiliki satu perangkat (router) yang memiliki ip address.

    No comments:

    Post a Comment